Kamis, Maret 05, 2009

Memaksimalkan penggunaan baterai Laptop



Kehabisan baterai ditengah pengerjaan proyek penting adalah kejadian yang dikhawatirkan para pemakai notebook. Berikut adalah tips tentang bagaimana memaksimalkan baterai anda.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti:

  • Kurangi terang layar hingga yang paling rendah sejauh kita masih bisa nyaman. Kita bisa menggunakan tombol keyboard untuk melakukannya.
  • Aktifkan "Sleep" kapanpun notebook anda akan ditinggalkan untuk anda melakukan hal lain. Sleep atau Suspend akan mematikan layar, hard disk, dan prosessor tanpa kehilangan data yang ada di RAM. Ketika anda kembali kedepan komputer anda, geseran jari di touchpad atau tekanan pada sembarang tombol di keyboard akan mengaktifkan notebook ke keadaan semula.
    Sleep and Screen Brightness keyboard keys in HP Pavillion dv5
    Tombol sleep dan terang layar di HP Pavillion dv5
  • Aktifkan "Hibernate / Suspend to Disk" bila kita tidak akan memakai notebook kita dalam waktu lebih lama ( setengah jam atau lebih ). Hibernate akan menyimpan semua informasi di RAM kedalam hard disk. Ketika komputer dinyalakan kembali, data di disk dibaca kembali dan kita bisa melanjutkan kerja kita pada keadaan tepat sebelum hibernate.
  • Copot external hard disk, external CD/DVD drive, USB modem, ataupun memory cards. Mereka memakan listrik dari notebook.
  • Turunkan kecepatan prosessor kita. Di Windows XP, pilih mode "Portable / Laptop" atau "Max Battery". Makin cepat prosessor kita berjalan, makin banyak listrik dan panas yang dihasilkan, makin cepat baterai kita habis. Beberapa notebook mempunyai tombol khusus untuk mengurangi frekuensi prosessor, seperti tombol "ECO" di notebook MSI dan banyak notebook lainnya.
    Windows XP Power Scheme Settings
    Pilih Portable / Laptop atau Max. Battery
    ECO Button on the left of Turbo Button in MSI GX620 Gaming Notebook
    Tombol ECO untuk menurunkan frekuensi kerja prosessor di MSI GX620.

  • Habiskan (disk charge ) baterai anda sebelum di charge ulang. Efek memory pada baterai tipe lama ( jenis Ni-Mh ) sudah jauh berkurang di teknologi baterai Lithium Ion yang dipakai sekarang, namun tetap saja melakukan charge dan discharge penuh memaksimalkan kapasitas baterai.
  • Beli baterai kedua.untuk kenyamanan ekstra.
  • Ketika anda membeli baterai baru, atau jika anda tidak menggunakan baterai anda selama lebih dari 3 bulan, maka lakukan charge dan discharge selama 3 kali. Dengan cara itu kirim didalam baterai akan berfungsi penuh kembali dari keadaan "tidur".
  • Satu hal yang tidak langsung berhubungan dengan baterai adalah kewajiban kita untuk selalu menjaga agar sistem pendinganan notebook kita selalu optimum. Kisi kisi pendingin yang penuh debu akan memaksa agar kipas terus berputar. Kipas yang berputar akan menjadi penyebab baterai yang cepat sekali habis. Lihat artikel Tambah.info tentang membersihkan kisi pendingin.

Selamat Mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

<<<<<<<<<<<<< JANGAN CUMA BACA DOANK DONK...!!! >>>>>>>>>>>>>
<<<<<<<<<< AYO KASI KOMENTAR DARI ARTIKEL DIATAS.... >>>>>>>>>>

Visiters

Best Buy Coupon

Kotak Ajaib

Special Surprise

Masukkan kode K1-E1F3YE-4 setiap kamu berbelanja di dan tunggu kejutan dari kutukutubuku.com !. Spesial buat pengunjung setia LedMedia.net.tc
Segera daftarkan diri kamu !!!, Pasang iklan yang disediakan oleh kumpulblogger.com, dan raih rupiahnya per klik iklan. SANGAT MUDAH!!
" Hy guys,... ! boleh dunkz ngisi buku tamu.. " ^.^
 

Copyright 2009 All Rights Reserved LED Media Official Theme by LED Media Teamwork Converted into Blogger Template by Andrio prijaya